Friday, March 25, 2011

Seputar Pelek


Teman dalam hal ini saya akan menjelaskan sedikit tentang PELEK. Apabila ada kesalahan mohon kritikannya & saran Anda.
Pelek adalah bagian dari roda yang berfungsi untuk menerima berat dan semua beban (gaya) yang ditimbulkan oleh kondisi jalan. Oleh karena itu pelek dituntut harus :
1.Kuat dan ringan
2.Dapat memindahkan panas dengan baik (rem, gesekan ban)
3.Perawatan mudah

Fungsi pelek pada mobil tentunya sangat penting namun pentingnya komponen ini tak diimbangi dengan perhatian pengguna.
Selain mempercantik tampilan mobil, pelek juga memiliki tugas yang sangat berat karena harus menopang bobot mobil sekaligus sebagai tumpuan saat mobil bergerak di segala permukaan jalan.

Sering terlihat sebuah mobil menggunakan pelek bukan bawaan pabrik alias aftermarket. Memang sah-sah saja selama pelek tersebut bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Namun untuk beberapa kondisi, pemilik mobil sering memaksakan pelek yang tidak seharusnya. Misalnya lebar pelek yang keluar dari kolong sepatbor, diameter pelek terlalu besar atau lebar ban yang tak sesuai dengan lebar pelek. Nah, jika pelek Anda rusak misalnya, selain tidak enak dilihat juga menggangu performa.

Kerusakan yang kerap diderita pelek adalah retak halus atau retak rambut umum terjadi pada pelek berumur. Kalaupun pelek masih baru, retak rambut tetap bisa terjadi karena melibas aspal berlubang. Posisi retak halus biasanya di bibir pelek sebelah dalam. Bagian ini paling mudah kena benturan benda keras. Namun jangan khawatir. Anda cukup melakukan las argon. Jika retak cukup banyak, lebih baik ganti baru. Tarif rekondisi Rp 250 ribuan.

Selain itu, pelek juga bisa kena jamur. Posisinya memang sangat mudah terkena air. Untuk membersihkannya, gunakan cairan kimia. Setelah itu baru dipoles pakai wax. Namun jika sudah jamuran, paling ampuh dengan menggarap permukaan berjamur tadi pakai amplas. Sebab jamur itu ada di balik lapisan pernis pelek. Jadi pernis harus dikerok terlebih dulu. Setelah itu dipoles pakai langsol (batu hijau) supaya kembali mengilap. Langkah terakhir lapis ulang pakai pernis.

0 comments:

Post a Comment

Template by : kendhin x-template.blogspot.com